[WRITING] PENGERTIAN DAN CONTOH FLASH FICTION


Flash Fiction atau yang biasa disingkat FF (bukan fanfic, ya!) merupakan cerita pendek super singkat yang panjang umumnya sekitar 200-500 kata. Saking pendeknya, sebuah FF bisa dibaca habis (selesai) dalam waktu kurang dari lima menit. Atau, seperti kutipan pada gambar di atas: cerita yang selesai kamu baca sebelum kopimu dingin.

FF berbeda dengan cerpen apalagi novel. Jika sebuah fiksi (cerpen atau novel) punya tahapan perkenalan, konflik, klimaks, anti-klimaks, dan penyelesaian, dalam FF hanya ada konflik dan klimaks.

Sesuai dengan pengertiannya, unsur dalam FF yaitu singkat, padat, dan twisted ending. Bentuk FF yang singkat dan padat itu berimbas pada penceritaan penggambaran setting terutama lokasi, yang pada FF dibuat sedemikian rupa sehingga tidak memakan banyak ‘kuota kata’. Dan, untuk membuat sebuah FF berkesan, twisted ending berperan penting di sini.

Secara harfiah, twisted ending berarti akhir cerita yang dipelintir atau diputar. Maksudnya, akhir yang tak terduga, yang tak mudah ditebak dan akan mengejutkan pembaca.

Itulah pengertian singkat Flash Fiction atau FF. Selengkapnya, kamu bisa baca:

  1. Ngomongin Flash Fiction

  2. Cara Mudah Menulis Twist Ending

  3. Menyiasati Penulisan Setting pada Flash Fiction

  4. Jenis-Jenis Paragraf Pembuka Cerita


Contoh-Contoh FF:

Comments

Popular posts from this blog

[WRITING] 7 JENIS PARAGRAF PEMBUKA CERITA YANG MENARIK PEMBACA (DENGAN CONTOH)